MV Lintas Kepri Beri Konstribusi Terbesar Bagi PT Pelabuhan Kepri

oleh
MV Lintas Kepri saat ingin bersandar di dermaga. (F-ISTIMEWA)

TANJUNGPINANG – Direktur Operasional Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Kepri, Capt Rio Onasis mengatakan keberadaan kapal cepat MV. Lintas Kepri sejauh ini memberikan kontribusi terbesar bagi PT. Pelabuhan Kepri. Menurut Capt Rio, dalam satu bulan target minimal yang ditetapkan adalah sebesar Rp120 juta rupiah.

“Tetapi dalam tiga bulan kemarin terjadi peningkatan yang signifikan. Karena kita membukukan pendapatan hampir Rp600 juta. Jika tingkatan pendapatan stabil, kita bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp2 miliar setahun,” ujar Capt Rio.

Menurut Rio, saat ini pendapatan dari sektor kerjasama operasional MV. Lintas Kepri memang menjadi sumber utama bagi menjaga eksistensi PT. Pelabuhan Kepri kedepan. Karena belum lama ini, PT. Pelabuhan Kepri sudah kehilangan income, lantara berhentinya operasional Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Dompak, Tanjungpinang.

“Kami akan terus memperketat pengawasan dalam operasional Mv. Lintas Kepri. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran anggaran,” tegas Rio.

Seperti diketahui, Mv. Lintas Kepri senilai Rp 25,9 miliar telah selesai dikerjaan PT. Palindo Batam selaku kontraktor sejak Desember 2015 lalu. Kapal kelas Very Important Person (VIP) tersebut dibuat berbahan almunium yang dikerjakan secara teliti dan diawasi oleh PT. Mulia Artalokasi (MA) selaku Manajemen Konstruksi (MK). Adapun kapasitas kapal mirip MV. Oceana itu adalah 158 penumpang dengan panjang 35,60 meter. Sedangkan lebarnya adalah 5,60 meter dengan berat 129 gross ton (GT).

Saat ini MV. Lintas Kepri dikelola oleh pihak ketiga yaitu PT. Prima Buana Indah. MV. Lintas Kepri melayani rute Tanjungpinang – Benan – Rejai – Tanjung Kelit – Sungai Tenam – Pulon – Jagoh – Daik Lingga. Dengan nakhoda Capt Mus Taufiq. (azwar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *