Kepri Babel Memanas Terkait Pulau Tujuh

oleh
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun (kiri) dan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman (F-News Kepri)

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan kalau Pulau Tujuh merupakan pulau milik Provinsi Kepulauan Riau. Dilansir Haluan Kepri, hal tersebut dikatakan Gubernur terkait adanya klaim yang mengatakan bahwa pulau tersebut milik Pemerintah Kabupaten Bangka Belitung.

“Pulau tujuh milik kita, bukan milik yang lain. Itu sudah pasti,” kata Gubernur Nurdin di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Ditegaskan Gubernur, keberadaan Pulau Tujuh yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepri sudah sejak lama menjadi bagian dari wilayah Kepri. baik masyarakatnya hingga perangkat desanya merupakan bagian dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Sehingga lanjut Gubernur, pihaknya tidak mempermasalahkan terkait pengklaiman tersebut. Menurutnya, sudah jelas bahwa Pulau Tujuh milik Provinsi Kepri.

“Sehingga tak akan kita besar-besarkanlah masalah ini, karena itu sudah pasti pulau kita,” ucap Gubernur.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan menegaskan Pulau Tujuh masuk wilayah Babel karena belum ada surat keputusan Menteri Dalam Negeri. Pulau itu juga diklaim milik Kepulauan Riau (Kepri).

“Pulau Tujuh masih milik Babel, tidak masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau,” kata Erzaldi Rosman Djohan seusai rapat paripurna memperingati hari jadi ke-18 Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (21/11/2018).

Menurut Erzaldi sengketa Pulau Tujuh antara Kepulauan Babel dan Kepri muncul karena adanya tumpang tindih undang-undang. Dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Babel, Pulau Tujuh masuk wilayah Babel. Namun dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lingga, Pulau Tujuh dimasukkan sebagai wilayah Lingga, sehingga dua provinsi kepulauan saling klaim atas kepemilikan pulau tersebut.

“Secara geografis, letak Pulau Tujuh lebih dekat ke Pulau Bangka dibanding ke Kabupaten Lingga. Dari Bangka, perjalanan ke Pulau Tujuh hanya dua jam, sementara dari Lingga delapan jam,” katanya. (Thom Hernandez)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *